6 Hal Dalam Membangun Literasi Dasar Anak

Literasi menjadi bagian dari kehidupan kita dan selalu menarik untuk dibahas kapan dan dimana saja. Seperti halnya iklan minuman ya, pelepas dahaga asli...

Literasi memiliki dimensi cakrawala yang begitu luasnya dengan topik sederhana sekalipun masih merupakan hal menarik untuk diperbincangkan. Sebagai orang-tua pernahkah anda mengkaji lebih jauh membangun literasi anak?



1. MOTIVASI

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa peranan otang-tua sangat penting di dalam keluarga. Pernahkah anda berpikir untuk berkreasi dalam kegiatan literasi keluarga? Mungkin kesibukan sebagai oran tua yang membuat anda lupa untuk melakukan kegiatan ini.

Anda boleh sibuk namun saya ingin mengajak anda untuk melakukan hal sederhana dulu yaitu mencetak motivasi bagi anak misalnya memberikan hadiah buku-buku yang menarik bagi anak untuk memancing ketertarikan membaca buku yang lain. Do and action!. mari kita coba bersama.

2. KOSAKATA

Mengajak anak untuk mengenal kosa kata lebih banyak lagi mudah sekali dilakukan. Namun dalam hal ini masih ada ide-ide yang terlupakan, misalnya mengajak anak ke supermarket dan memberikan label atau nama terhadap benda yang telah di lihat oleh anak dengan bahasa sederhana atau kata dasar yang mudah dimengerti anak yang penting anak telah tahu nama benda yang telah dilihatnya. Hal yang sering terjadi dan tidak disadari adalah orang tua sibuk berbelanja, sedangkan disampingnya ada anak yang haus akan kosa kata orang tua asyik dengan sendirinya apalagi musik yang ada di supermarket sangat menarik untuk didengar orang tua tersebut. Ironis bukan bila anak hanya bengong melihat orang tua asyik berburu barang tanpa mengenalkan ke anak barang apa yang di belinya itu. Peluang ini sia-sia.

Bertamasya juga kegiatan yang sangat di sukai anak, dalam kegiatan ini orang tua memiliki peluang besar dalam memberikan pemahaman kosa kata kepada anak. Kesempatan ini biasanya digunakan untuk pendidik anak usia dini untuk mengenalkan kosa kata lebih luas kepada anak selain pembelajaran di kelas.

3. PEMAHAMAN BUKU

Untuk bisa memahami buku diharapkan bisa memahami setiap lembar halaman dulu teknik ini bisa diterapkan untuk orang tua dalam memberikan pemahaman mendalam sebuah buku kepada anak maka dengan sendirinya anak akan terampil memahami sebuah buku.

4. KEPIAWAIAN BERCERITA

Kepiawaian bercerita orang tua akan memudahkan anak untuk lebih mengerti tentang isi buku yang didengar dan dibacakan orang tua. Teknik bercerita banyak ragamnya dan bisa dipelajari oleh orang tua.
Link..teknik bercerita atau mendongeng

5. WAWASAN HURUF

Huruf merupakan simbol bunyi agar mudah dipahami oleh anak orang tua atau pendidik bisa mengkreasikan huruf dengan suara dan gambar.

6. BERMAIN KATA

Di waktu senggang anda kegiatan ini cukup menghibur dan menambah wawasan anak tentang kata. Melakukan permainan kata contohnya teka teki, tebak kata, meneruskan kata terakhir dalam lagu, kartu flash dll.

Nah, mudah bukan?.

Salam Literasi,

#SahabatKeluarga

Komentar

  1. Sebenarnya tdk terlalu urgent pemberian hadiah apabila dilakukan dlm keluarga. Agar tdk tercipta maindset reward bila mereka mau/terpaksa membaca. Namun ckp dg pujian, acungan jempol, ciuman, dan pelukan hangat ktika mrk mau unt membaca. Hal di atas bs dilakukan kecuali dlm skub literasi yg lbh luas dlm masyarakat. Namun tdk harus mutlak. Go a head bu Eny...good job. Hehe

    BalasHapus
  2. Terimakasih...semoga bisa menambah wawasan orang tua dalam pendampingan literasi anak

    BalasHapus
  3. Akan saya coba bu Eny...sip

    BalasHapus
  4. ijin share ya bu Eny.....untuk teman teman

    BalasHapus
  5. Monggo Monggo semoga bermanfaat bagi sahabat keluarga salam literasi

    BalasHapus
  6. Sangat bermanfaat .. Salam literasi

    BalasHapus
  7. Semoga bermanfaat.....salam balik......salam untuk semua

    BalasHapus
  8. Salam untuk semua sahabat keluarga

    BalasHapus
  9. Artikelnya sangat membantu ..
    Salam literasi

    BalasHapus
  10. Artikelnya sangat membantu ..
    Salam literasi

    BalasHapus
  11. Artikrlnya bisa membantu ibu masa kini dan dapat membangun dalam hal literasi dasar anak
    Salam literasi✌

    BalasHapus
  12. Ibu masa kini perlu banyak membaca buku untuk memberi contoh secara langsung kepada anak kebiasaan yang baik.salam

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Artikelnya sangat bermanfaat, langsung bisa diterapkan nih..
    Salam literasi👌

    BalasHapus
  15. Artikelnya menyadarkan saya bahwa menerapkan literasi ke anak itu penting
    Dan artikelnya membantu saya untuk mendorong anak saya untuk membiasakan literasi di rumah
    Salam literasi

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar